PENANGANAN GANGGUAN KONEKSI INTERNET PADA JARINGAN UTAMA

  1. Staf bagian jaringan melakukan cek secara fisik terhadap perangkat aktif jaringan tulang punggung minimal sebulan sekali. Item cek fisik sesuai dengan form;
  2. Staf bagian Jaringan UPT PUSKOM yang bertugas untuk memonitor jaringan melihat pesan koneksi gangguan pada sistem monitoring;
  3. Staf bagian Jaringan melakukan cek server DNS yang digunakan dengan menggunakan perintah nslookup. Domain yang digunakan sebagai parameter masukan untuk program nslookup adalah undip.ac.id, detik.com, dan yahoo.com ;
  4. Staf bagian jaringan menggunakan program mtr untuk melakukan cek konektivitas. Alamat IP yang digunakan untuk melakukan pengecekan adalah 222.124.73.136 untuk koneksi nasional dan 22.124.73.73 untuk koneksi ke internasional;
  5. Apabila hasil dari mtr berjalan dengan lancar, maka server DNS perlu diperbaiki;
  6. Apabila salah satu dari hasil mtr tidak bagus, maka staf bagian jaringan yang bertugas untuk monitoring segera menghubungi EoSPT Telkom atau 0-800-1-TELKOM;
  7. Staf bagian jaringan yang bertugas menanyakan estimasi pemulihan gangguan ke EoS PT Telkom atau 0-800-1-TELKOM;
  8. Staf bagian jaringan UPT PUSKOM membuat laporan ke pengguna Internet di lingkungan UNDIP melalui website tentang gangguan jaringan yang terjadi beserta estimasi waktu untuk pulih kembali;