Inkubator Digital Kreatif

Tentang Kami

UPT Puskom Undip mengeksplorasi dan mencari sinergi di antara beberapa pihak kerjasama dengan tujuan menciptakan relevansi antara dunia bisnis dan pendidikan di era globalisasi unutk memperkecil gap kebutuhan industri dengan kemampuan teknologi yang dimiliki.

Dengan berbagai sumber yang beraneka ragam mulai dari ahli, pengetahuan, teknologi, software, pemodelan bisnis, dan kreatifitas, UPT Puskom berusaha menyediakan solusi yang inovatif dan juga pemahaman yang mendalam terhadap setiap kebutuhan dan tantangan yang terjadi sebagai kebutuhan organisasi di masyarakat sekarang ini.

UPT Puskom membuat jembatan yang menghubungkan pihak internal fakultas, dengan beberapa konsultan, investor, praktisi dunia teknologi, dan juga stakeholder eksternal lain.

Layanan UPT Puskom secara terpadu mempunyai solusi yang khas untuk menjawab kebutuhan isu-isu kebutuhan bisnis dengan sudut pandang akademis yang memiliki “state of the art” dari teknologi terkini untuk bisa diformulasikan menjadi sebuah pendekatan implementasi yang menjamin keuntungan dari pemakaian solusi tersebut.

 

Layanan Komersialisasi

Pusat Inovasi Undip akan bekerja sama dengan UPT Puskom untuk mefasilitasi berbagai penelitian unggulan melalui berbagai tahapan sesuai dengan tahapan penelitian itu sendiri. Jika penelitian masih dalam tahap pembuktian konsep, maka akan kembangkan melalui proses pengembangan skala terbatas/prototipe. Jika konsep dari penelitian sudah terbukti nyata dan ada pasarnya, maka langkah selanjutnya adalah pengembangan ke arah pra-inkubasi/inkubasi. Jika produk penelitian sudah siap untuk dikomersilkan maka UPT Puskom akan melakukan disemenasi produk dan introduksi ke industri/masyarakat melalui berbagai kegiatan expo/pameran industri.

Layanan Inkubator IT

Layanan Inkubator IT merupakan layanan yang dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang menjadi sarana peningkatan nilai dari sebuah produk fisik maupun digital. Sebelumnya, kegiatan Inkubasi dari Penelitian Unggulan difasiltasi di masing-masing satuan kerja Universitas namun saat ini akan difokuskan menjadi satu layanan UPT Puskom. Dengan Proses fasilitasi kegiatan tersebut dikelompokkan ke dalam kategori:

  1. Proses pengembangan produk skala terbatas / prototipe
  2. Proses pengembangan produk skala pra-inkubasi
  3. Proses pengembangan produk skala inkubasi

Kajian Unggulan

Di UPT Puskom kami memiliki kompetensi untuk menerapkan penelitian unggul di Undip untuk diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kemampuan analisis teknologi, analisis pasar dan analisis manfaat mampu dikolaborasikan untuk mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) yang berkelanjutan.